Cara Flossing Gigi yang Benar dan Aman secara Mandiri

  • Whatsapp

cara-flossing-gigi-yang-benar-dan-aman-secara-mandiri

Gigi merupakan bagian tubuh yang dibutuhkan untuk melakukan pencernaan makanan pertama kali saat masuk ke dalam mulut. Kebersihan gigi harus dijaga agar Anda tidak mengalami masalah. Salah satunya dengan cara flossing gigi yang benar. Berikut cara yang bisa diterapkan dengan aman dan secara mandiri di rumah untuk flossing gigi.

Read More

1. Pilihan Benang

Flossing gigi sama pentingnya dengan menggosok gigi agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Cara aman untuk melakukan flossing dimulai dengan pemilihan bahan benangnya. Jenis benang yang dapat dijadikan pilihan ada nilon halus. Hanya saja saat menggunakan benang dari nilon Anda mesti perlahan-lahan karena mudah sobek.

Jenis benang yang juga bisa menjadi pilihan dari bahan PTFE terdiri dari satu helai yang sangat tipis. Benang dari bahan ini mudah masuk ke sela-sela gigi yang tersempit. Hanya saja kualitasnya lebih bagus karena tidak mudah sobek, namun lebih mahal harganya. Benang ini bisa dibeli di apotek, toko obat, atau pun di swalayan.

2. Cuci Tangan

Sebelum memegang benang yang akan digunakan Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak ada kuman dan bakteri. Pastikan tangan sudah bersih dan dalam keadaan kering saat memegang benang gigi. Jari yang digunakan adalah ibu jari dan telunjuk agar proses flossing menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Cara Pegang Benang

Jika Anda memilih flossing dengan benang yang lepas maka pegang benang giginya. Jika memilih flossing dengan benang yang ada pegangannya tinggal memegang tangkainya saja. Keduanya bisa digunakan untuk membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi agar tidak menimbulkan karang gigi. Anda juga bisa mendapatkan informasi ini di bagian kemasan benang.

4. Gunakan Cermin

Cara flossing gigi yang benar dan aman bisa Anda lakukan dengan berdiri di depan cermin. Ini tujuannya untuk memudahkan Anda melihat benang gigi yang digunakan sudah masuk ke bagian sela gigi secara tepat atau belum. Anda bisa juga melakukannya sambil duduk dengan menggunakan cermin kecil agar lebih jelas melihat makanan yang tertinggal di sela gigi.

5. Berurutan

Flossing sebaiknya dilakukan berurutan dimulai dari gigi depan ke bagian gigi belakang. Anda bisa melakukannya dari gigi tengah ke kanan atau ke kiri. Perhatikan setiap sela jangan ada yang ketinggalan karena ini bisa berisiko menimbulkan karang gigi.

6. Gerakan Perlahan

Ada bagian gusi yang rentan sekali mengalami luka, jadi Anda harus hati-hati saat melakukan flossing. Pastikan gerakan yang dilakukan sangat perlahan-lahan dengan menggerkan benang giginya naik turun. Lakukan secara searah dan berulang sampai dirasa tidak ada lagi sisa makanan yang tertinggal.

7. Kumur-Kumur

Anda bisa merasakan dan melihat dari cermin masih ada atau tidaknya makanan yang menempel di sela-sela gigi. Jika dirasa sudah tidak ada lakukan kumur-kumur secara langsung untuk membilas gigi agar tidak ada sisa makanan.

Begitu selesai buanglah benang gigi yang telah digunakan karena tidak bisa lagi dipakai ulang. Penggunaan benang secara berulang akan berisiko membuat kuman atau bakteri kembali ke bagian sela-sela gigi dan risikonya akan lebih buruk nantinya.

Cara flossing gigi yang benar ini bisa Anda terapkan di rumah sendirian. Selama gigi tidak mengalami peradangan karena sisa makanan yang terlalu lama tertinggal. Jika Anda masih bingung cara menggunakannya bisa melihat tutorialnya di berbagai media sosial ataupun media lainnya. Perhatikan kesehatan gigi dari menjaga kebersihannya dengan baik setiap hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *